Posted by : Farisul Senin, 30 Maret 2015

"Ilmu itu mahal harganya. Tapi belajar tidak harus mahal, yang penting kita pandai memanfaatkan kesempatan"

Mungkin ungkapan tersebut yang selama ini saya terapkan dalam belajar jaringan komputer. Ketika kita terjun dan belajar tentang jaringan, maka akan dihadapkan pada perangkat-perangkat jaringan yang harganya cukup mahal, sebut saja Router, Switch, dan Access Point. Namun itu bukan alasan untuk kita tidak mau belajar dan mencoba.Cisco misalnya, melalui program "Networking Academy" student akan diajak menggunakan tools simulator jaringan Packet Tracer untuk belajar tanpa harus memiliki perangkat Cisco.
Bagaimana dengan Mikrotik? Karena Mikrotik belum memiliki tools yang serupa, maka kita dapat memanfaatkan Virtualbox untuk mengenal dan belajar tentang konfigurasi RouterOS Mikrotik tanpa harus memiliki perangkat fisik Router Mikrotik.
Untuk itu dibuatlah artikel mengenai instalasi mikrotik pada Virtual Box ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Virtual Box
2. Klik New pada  jendela Virtual Box
3. Ketikan nama OS yang akan di install, yaitu Mikrotik OS, klik Next
4. Pilih memory size / RAM pada Mikrotik, karena OS Mikrotik tidak memerlukan resource memory yang besar (berbasis text) kita gunakan saja memory yang kecil (128 MB). Klik Next.

5. Pilih create a virtual hard drive now untuk membuat storage penyimpanan OS.

6. Tentukan kapasitas hardisk Mikrotik. OS Mikrotik tidak perlu menggunakan kapasitas penyimpanan yang besar. Klik Create.


7.  File Mikrotik siap untuk di install. Klik Start.


8.Sebelum memulai proses instalasi, Virtual Box akan meminta file source iso Mikrotik dimana berada, klik browse.


9. Arahkan pada file penyimpanan iso mikrotik. Klik Open > Start.

10. Proses instalasi berjalan.

11.Tunggu sampai pada tampilan utama menu instalasi OS Mikrotik, disini dihadapkan pada menu apa saja yang akan di install pada OS Mikrotik, terdapat beberapa pilihan seperti hotspot, ipv6, dhcp, dll. Disarankan agar menginstall semua menu yang tersedia, agar Mikrotik memiliki menu yang komplit, dengan cara menggunakan arrow keys  dan spacebar  untuk memilih.


12. Ketik "i" untuk menginstall. dan akan muncul dialog Do you want to keep old configuration ? (y/n) : Klik "N" untuk memilih tidak mempertahankan konfigurasi lama, karena kita ingin menginstall Mikrotik yang benar-benar baru.

13. Proses format harddisk dan instalasi menu yang dipilih tadi akan berjalan .

14. Akan ada pilihan reboot/restart jika semua menu telah terinstall. Klik Enter untuk Restart.

15. Setelah melakukan restart, system akan masuk kembali ke halaman utama instalasi OS Mikrotik, karena pengaturan booting awal masih mengarah pada file iso Mikrotik, untuk itu matikan OS dengan cara klik tombol silang (x) dan pilih Power off the Machine.


16.  Sorot OS Mikrotik, klik kanan > Setting. Pada menu Storage > Storage Tree, terdapat file iso Mikrotik masih terdapat disana, jadi kita harus menghapusnya dengan cara klik 1x file iso mikrotik, dan klik  tombol Remove Attachment yang ada dibawahnya. Klik OK.

17. Hidupkan kembali OS Mikrotik dengan cara klik Start. dan Mikrotik akan langsung masuk ke menu login Mikrotik. (Username : admin ; Password : "kosong" )

18. OS Mikrotik berhasil di install pada Virtual Box.


Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © Catatanku -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -