Posted by : Farisul Kamis, 15 Mei 2014

KRI atau Kontes Robot Indonesia adalah sebuah kontes Robotika antar Peguruan Tinggi Di Indonesia. Dimana Pemenang dari KRI akan mewakili Indonesia dalam ABU ( Asia-Pacific Broadcasting Union) Robocon yang diadakan setiap tahun dengan lokasi berpindah-pindah dalam negara anggota ABU.

Tahun  2014  Indonesia  kembali  akan  mengikuti  kontes  robot  tingkat  Internasional  ABU  Robocon 2014  yang  akan  berlangsung  di  Pune  -  India,  pada  tanggal  24  Agustus  tahun  2014,  dimana  Tim Robot  Indonesia  akan  berkompetisi  dengan  20  tim  Robot  luar  negeri.  Lomba  tersebut  merupakan lomba  yang  ke-sebelas  yang  akan  diselenggarakan  di  Pune  –  India  dengan  peserta  dari  negaranegara  anggota  Asia-Pacific  Broadcasting  Union  (ABU).  ABU  adalah  organisasi  penyiaran dikawasan  negara-negara  Asia  Pasifik  yangberanggotakan  lebih  dari  seratus  stasiun  televisi  dan radio  dari  lima  puluh  Negara.  Dalam  hal  ini Indonesia  diwakili  oleh  Televisi  Republik  Indonesia sebagai anggota.

Sehubungan  dengan  itu,  Direktorat  Penelitian  dan  Pengabdian  kepada  Masyarakat,  Direktorat Jenderal  Pendidikan  Tinggi,  Kementerian  Pendidikan  Nasional  mengkoordinasikan.  Kontes  Robot Indonesia (KRI) sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika, yang dalam pelaksanaan nya Kontes Robot Indonesia (KRI) terdiri dari 5(lima) divisi, yaitu
1.  Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI),
2.  Kontes Robot Pemadam Api Indonesia(KRPAI) tipe beroda,
3.  Kontes Robot Pemadam Api Indonesia(KRPAI) tipe berkaki,
4.  Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dan
5.  Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI).
KRI dilaksanakan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk pelaksanaan Kontes tingkat regional dan Kontes tingkat Nasional.

Sensor-sensor yang digunakan pada masing-masing kategori kontes robot yaitu :
1.     Kontes Robot Pemadam Api Indonesia :
1.     Sensor Ultrasonik
Untuk  mengendalikan  robot  agar  tidak  menabrak  dinding atau halangan pada lintasan saat  berjalan maka  digunakan  sensor  ultrasonik  yang  memanfaatkan  gelombang  suara  sebagai acuan.
2.     Sensor Panas / Api
Sensor  api  adalah  alat  yang  digunakan  untuk  mendeteksi  tempat  diamana
terletak sumber api tersebut.
3.     Sensor Suara
Untuk mengenali suara start yang dibunyikan selama 5 detik awal agar robot mengenali bahwa lomba telah dimulai dan perhitungan waktu sudah berjalan
4.     Sensor warna
Untuk mendeteksi furniture yang dicat warna kuning agar robot dapat mengenali bahwa furniture bukanlah obyek yang dipadamkan apinya.
5.     Sensor keseimbangan gyroscope yang digunakan untuk menjaga keseimbangan robot (untuk KRPAI kategori berkaki)


2.     Kontes Robot Seni Indonesia :
1.        Sensor suara pada kepalanya yang digunakan untuk mendengarkan suara musik
2.        Sensor garis pada bawah telapak kaki digunakan untuk mendeteksi dan mengikuti garis
3.        Sensor keseimbangan gyroscope yang digunakan untuk menjaga keseimbangan robot dalam menari


3.     Kontes Robot Sepak Bola Indonesia :
1.      Sensor Warna
Untuk mengenali warna benda, seperti gaawang lawan, gawang sendiri, bola, maupun tim lawan.
2.      Sensor Ultrasonik
Untuk  mengendalikan  robot  agar  tidak  menabrak  dinding pembatas ataupun robot lawan / kawan maka  digunakan  sensor  ultrasonik  yang  memanfaatkan  gelombang  suara  sebagai acuan
3.  Sensor keseimbangan gyroscope yang digunakan untuk menjaga keseimbangan robot.






Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © Catatanku -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -