Posted by : Farisul Senin, 20 April 2015

Apa itu Repository ?


Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet. Namun, repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD yang tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tidak memliki koneksi internet yang cepat.
Ketika melakukan update repository Ubuntu,  kita melakukan download repository dari alamat server yang ada pada /etc/apt/sources.list dan default alamat server yang ada pada sources.list tersebut adalah alamat server luar, seperti archive.ubuntu.com, security.ubuntu.com.Server repository di sini berfungsi sebagai server yang menyediakan kumpulan paket software ataupun kumpulan aplikasi dari distro-distro Linux yang bisa diakses melalui internet.
Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Buka Ubuntu Software Center 

2. Pada Ubuntu Software Center, pilih tab Edit > Software Source

3. Pada menu download from , ganti sumber dengan cara klik other 

4. Pilih lokasi server untuk negara Indonesia, terdapat beberapa server seperti mirror.unej.ac.id ; repo.undip.ac.id ; kambing.ui.ac.id, dll.

5. Klik Close, dan Repository telah berpindah ke repository lokal kambing.ui.ac.id

Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © Catatanku -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -