Posted by : Farisul Senin, 15 Juni 2015

Pernah mengalami masalah berkurangnya ukuran flashdisk? Hal seperti ini dapat terjadi karena rusaknya partisi yang ada di flashdisk tersebut, atau karena flashdisk digunakan untuk bootable usb, biasanya digunakan untuk bootable usb linux menggunakan aplikasi power iso.

Ada beberapa perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menormalkan kembali ukuran flashdisk. Misalnya Bootice ataupun HP USBdisk Format. Disini akan dijelaskan penggunaan apikasi Bootice. 

Pertama kali, download aplikasi bootce disini.

Pastikan flashdisknya sudah terpasang dikomputer anda, kemudian download bootice, langsung jalankan file exenya. Dibawah ini tampilan awal bootice.


Pada destination disk, pilih usb drive anda. Biasanya akan langsung terpilih, kemudian klik tombol Parts Manage yang ada dibagian bawah. Maka akan tampil jendela Partition Management.
Pada Partition Management, klik tombol reformat usb disk yang ada dibagian kiri bawah. Akan muncul jendela Repartition and format usb device.



Pada disk mode, pilih saja USB HDD Mode, kemudian langsung klik next. Tunggu prosesnya selesai, dan cek kembali ukuran flashdisk anda.

NB: Pastikan tidak ada data penting di flashdisk anda sebelum diformat dengan bootice

Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © Catatanku -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -