Posted by : Farisul Senin, 15 Juni 2015

Untuk memaksimalkan fitur VirtualBox, sebaiknya kita juga menginstall VirtualBox Extensions Pack. Salah satu fitur tambahan setelah instalasi paket ekstensi VirtualBox adalah shared clipboard atau berbagi simpanan yang ada pada memori, seperti teks, antara host dengan guests atau sebaliknya. Fitur lain adalah fasilitas drag and drop atau menyalin file antara host dengan guests atau sebaliknya. Selain itu, kontrol USB yang digunakan berubah dari versi 1.0 menjadi versi 2.0.

Untuk menginstall paket ekstensi VirtualBox, download VirtualBox Extensions Pack yang sesuai dengan versi VirtualBox yang digunakan. Setelah itu, klik File dan pilih Preferences.



Di layar pengaturan VirtualBox, klik bagian Extensions. Kemudian klik tombol Add Package.



Pilih file yang paket ekstensi VirtualBox. Kemudian klik tombol Open.



Di layar konfirmasi instalasi, akan ditampilkan versi VirtualBox Extensions Pack yang akan diinstall berikut keterangan dari file VirtualBox Extensions Pack tersebut. Klik tombol Install untuk memulai instalasi paket ekstensi VirtualBox.




Layar selanjutnya akan menampilkan lisensi persetujuan penggunaan VirtualBox Extensions Pack. Berbeda dengan aplikasi VirtualBox yang dirilis dengan lisensi GNU GPL versi 2 sehingga bebas didownload, digunakan atau dimodifikasi, VirtualBox Extensions Pack dirilis dengan lisensi VirtualBox Personal Use and Evaluation License (PUEL), sehingga hanya bebas digunakan untuk kebutuhan personal atau sebatas evaluasi untuk kebutuhan produksi.



Geser scrollbar sampai ke bawah agar tombol I Agree dan I Disagree aktif dan bisa diklik. Setelah aktif, klik tombol I Agree untuk menginstall VirtualBox Extensions Pack.



Jika muncul layar pop-up User Account Control yang meminta konfirmasi dalam menginstall paket Ekstensi VirtualBox (Windows 7 atau Windows 8), klik tombol Yes untuk memulai proses instalasi.



Tunggu sampai proses muncul informasi instalasi paket Ekstensi VirtualBox telah selesai. Klik tombol OK untuk menutup proses instalasi.



Selanjutnya akan ditampilkan daftar VirtualBox Extensions Pack yang sudah berhasil diinstall.



Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © Catatanku -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -